Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Jantung

Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan Jantung

Icaap10 –┬áPencegahan penyakit jantung (kardiovaskular) bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulailah dengan mengonsumsi makanan yang sehat untuk jantung, olahraga teratur, langsung berjemur. Apa manfaat sinar matahari bagi jantung? Apa efeknya pada jantung Anda jika Anda tidak cukup terpapar sinar matahari?

Manfaat sinar matahari untuk kesehatan jantung

Tubuh Anda tidak dapat memproduksi vitamin D secara alami. Namun, Anda bisa mendapatkannya dari makanan seperti tuna, salmon, kuning telur, hati sapi, dan yogurt atau susu yang diperkaya vitamin D. Sayangnya, hanya mengandalkan makanan saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin D harian Anda. Hampir 80% vitamin D yang dibutuhkan tubuh Anda berasal dari sinar matahari.

Saat berada di luar, sinar matahari menerpa lapisan luar kulit (epidermis). Sel-sel di sekitar epidermis mengandung pigmen atau pewarna yang disebut melanin. Melanin membantu tubuh memproduksi vitamin D akibat paparan sinar matahari. Vitamin D nantinya digunakan oleh tubuh untuk menyerap kalsium dan fosfat untuk menjaga kesehatan tulang, gigi dan otot. Selain itu vitamin D dari makanan dan sinar matahari juga menawarkan manfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Lebih spesifiknya, manfaat sinar matahari untuk kesehatan jantung antara lain:

1. Pengurangan peradangan

Sebuah studi tahun 2013 dalam jurnal Current Treatment Options in Cardiovascular Medicine menjelaskan potensi vitamin D dapat melindungi jantung melalui makanan dan sinar matahari, yaitu mengurangi peradangan. Radang pembuluh darah merupakan salah satu penyebab penyakit jantung. Peradangan tersebut disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi yang kemudian membentuk plak dan mengiritasi pembuluh darah.

Tanpa pengobatan, peradangan dapat menyebabkan jenis penyakit jantung yang umum, seperti aterosklerosis. Seseorang dengan kondisi ini biasanya mengalami gejala penyakit jantung, seperti sesak napas yang disertai dengan nyeri dada. Tidak hanya aterosklerosis, tapi juga peradangan pada pembuluh darah meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Adanya vitamin D, sel T (sel darah putih yang berfungsi sebagai sistem imun) dapat menekan respon inflamasi agar kondisinya tidak semakin parah.

2. Mencegah tekanan darah tinggi

Riset berbasis peralatan menunjukkan manfaat sinar matahari yang mengandung vitamin D untuk mengatur tekanan darah. Vitamin D dapat menghambat produksi renin, yaitu enzim khusus yang diproduksi oleh ginjal, untuk meningkatkan tekanan darah. Saat produksi renin terhambat, tekanan darah tidak akan naik. Perlu Anda ketahui bahwa tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol (hipertensi) merupakan faktor risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Kondisi ini bisa menurunkan kelenturan pembuluh darah arteri di jantung. Manfaat vitamin D dari sinar matahari dan makanan untuk jantung memang telah diteliti melalui penelitian ini. Namun, perlu penyelidikan lebih lanjut tentang efeknya pada manusia.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung. Penyebabnya adalah kolesterol dapat menumpuk di pembuluh darah dan membentuk plak. Adanya plak mempersempit pembuluh darah dan menyulitkan darah kaya oksigen dan nutrisi untuk mengalir ke jantung atau ke seluruh tubuh. Nah, sinar matahari yang membantu tubuh memproduksi vitamin D sebenarnya menawarkan manfaat bagi jantung dengan mengubah kolesterol yang terdapat di kulit menjadi kalsitriol (Vitamin D3). Secara tidak langsung, mekanisme ini membantu tubuh untuk menurunkan kadar kolesterolnya.

4. Menjaga kesehatan sel jantung dan pembuluh darah

Selain menggunakan dr laser, asupan vitamin D harian yang cukup membantu menjaga kesehatan sel jantung dan pembuluh darah. Vitamin D mengikat reseptor khusus di sel dinding pembuluh untuk mengaktifkan oksida nitrat (NO), yang akan melebarkan dinding pembuluh darah dan mengurangi risiko penumpukan plak. Vitamin D juga memperkuat otot jantung untuk memompa darah secara teratur, karena oksida nitrat mengurangi risiko peradangan di jantung yang biasanya terjadi karena terlalu banyak penumpukan lemak. Semua manfaat gabungan vitamin D bekerja sama untuk mengontrol tekanan darah agar tetap stabil. Ini penting karena tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke.