Penjelasan Kain Rayon

Penjelasan Kain Rayon

Icaap10 – Dalam industri tekstil dan konveksi, sutera tiruan atau biasa disebut sutra rajut merupakan salah satu jenis kain dengan bahan berserat yang dihasilkan dari regenerasi selulosa. Selulosa ini berasal dari dinding sel tumbuhan, namun sebagian berasal dari kapas terlarut atau pulp kayu. Bahan sutra ini tidak dapat diklasifikasikan sebagai serat alami atau serat sintetis sepenuhnya. Kain rayon merupakan salah satu kain yang paling disukai masyarakat di seluruh dunia. Karena bahan ini ternyata merupakan salah satu jenis zat sintetis pertama yang dibuat oleh manusia, sehingga belum ada yang menggantinya dengan kepopulerannya. Tiga jenis pohon yang paling sering digunakan dalam produksi sutera buatan, yaitu pinus, cemara dan cemara.

Kain tiruan memiliki daya serap tinggi, lembut di kulit, mudah diwarnai, dan nyaman digunakan. Serat pada kain memiliki daya serap yang tinggi, pewarnanya juga sangat mudah diserap, sehingga warna pada kain ini sangat cerah. Nama rayon sudah dikenal di telinga kita. Namun anda sudah mengetahui khasiat sutra buatan, jadi jika ingin membeli yang teksturnya lembut ini tidak akan bingung. Anda sekarang akan menemukan detail lebih lanjut tentang sifat dan karakteristik kain ini dalam penjelasan berikut:

• Benang tidak mudah tergulung

Berkat jenis bahan yang tidak mudah didapat, akan mempermudah penyetrikaan. Karena tidak butuh waktu lama jika terpaksa buru-buru, kain ini tidak disetrika dan masih layak pakai.

• Rayon memiliki kilap yang tinggi.

• Tekstur dan permukaan bahannya halus saat digunakan dan juga lembut di kulit.

• Serat mengandung unsur kimia yaitu oksigen, hidrogen dan karbon.

• Termasuk jenis kain yang halus sehingga mirip sutra.

• Memiliki daya serap yang tinggi dibandingkan kain katun

• Kain ini juga dikenal sebagai kain yang mudah terbakar dibandingkan bahan lain seperti katun.

• Retensi bentuk serat rayon sangat rendah sehingga lebih sulit untuk kembali ke bentuk aslinya.

BAHAN KAIN RAYON

Pada prinsipnya dalam pembuatan kain ini dilihat dari segi proses produksinya terbagi dalam dua kategori yaitu serat tiruan atau sintetik dan serat alam. Untuk serat buatan atau sintetis, diproduksi oleh senyawa kimia. Sedangkan bahan serat alam terbuat dari bahan tumbuhan atau hewan. Contohnya adalah kanvas katun yang terbuat dari katun, kanvas sutra yang terbuat dari kepompong sutra dan bulu domba yang terbuat dari bulu domba. Serat masih tergolong serat sintetis, namun berasal dari serat alam berupa selulosa dari pulp kayu. Setelah melalui proses kimia yang cukup lama, akhirnya dibuatlah kanvas sutra.

Serat yang digunakan untuk membuat kain sutra berasal dari polimer organik yang diproduksi dengan regenerasi kimiawi. Dengan demikian, serat sutra ini tidak dapat diklasifikasikan sebagai serat alami atau serat sintetis. Nama baru yang disematkan di sana adalah kain sutera buatan yang merupakan serat semi sintetis.

KELEBIHAN KAIN RAYON

Kain rayon ini merupakan salah satu jenis tekstil yang sangat diminati oleh masyarakat di seluruh dunia, terutama dalam hal produksi pakaian. Ini karena sutra buatan memiliki banyak keunggulan. Berikut beberapa kain sutra yang harus Anda ketahui.

ABSORPSI TINGGI

Keuntungan pertama sutra buatan adalah daya serapnya yang tinggi. Berkat daya penyerap ini, kain sutra ini disukai banyak orang dan mereka memilih bahan sutra. Bagi yang sering berkeringat banyak, sangat tepat memakai baju sutra buatan

KAIN RAYON terdiri dari VARIETAS

Keunggulan lain dari rayon adalah terdiri dari beberapa varian yaitu polyester (PE) rayon, spandex rayon dan rayon.

KAIN RAYON MURAH

Mendapatkan kain ini tidaklah sulit, karena saat ini di pasaran sudah banyak masyarakat yang menjual kain sutera, selain itu juga salah satu jenis kain yang harganya terjangkau. Jadi zat jenis ini bisa dibeli oleh siapa saja.

KURANGNYA KAIN RAYON

Jika sudah mengetahui manfaatnya. Kemudian kain tersebut juga memiliki kekurangan, karena tidak ada bahan yang dibuat dengan sempurna dan tanpa cacat. Karena itu, orang memproduksi bahan dengan meminimalkan kekurangan yang timbul pada kain. Berikut beberapa kekurangan zat ini yang perlu Anda ketahui:

BAHAN mudah kusut dan pudar

Kekurangan rayon adalah mudah kusut, sehingga perlu waktu untuk merawat kainnya. Kain ini perlu dihaluskan atau disetrika untuk mengembalikan struktur kain yang kusut setelah dicuci. Selain kusut tipis, kain jenis ini terkadang luntur saat dicuci. Karena itu, jika Anda memiliki pakaian yang terbuat dari kain ini di rumah, sebaiknya hindari mesin cuci saat mencuci. Selain sedikit lipatan, kekuatan bahan sutra ini tidak begitu kuat

KAIN IKLIM RAYON

Selain bahan sutra yang mudah kusut, kain ini juga licin. Sebab, sutra bisa mudah rontok saat digunakan.

KAIN RAYON TIPIS

Kain sutra ini tidak hanya tipis tetapi juga tembus cahaya. Namun, Anda tetap bisa mencari solusinya dengan mencari bahan rayon yang berkualitas. Sehingga tidak ada potensi untuk zat yang melamun atau tembus cahaya ini.

KAIN RAYON DIBAKAR MUDAH

Kerugian lain dari rayon adalah mudah terbakar. Karena sifatnya yang mudah terbakar maka akan cepat terbakar jika dibakar. Oleh karena itu, Anda perlu lebih berhati-hati saat mengenakan pakaian sutra buatan dan melakukan aktivitas di dekat api.

Kain ini juga sering digunakan oleh konveksi seragam.